Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Kerak Telor

kerak telor
Kerak telor

Asal-Usul Kerak Telor

Indonesia sangat kaya akan budaya, salah satunya yaitu makanan tradisional hampir di berbagai wilayah Indonesia memiliki makanan khas tersendiri dengan cita rasa masing-masing daerah. Salah satu makanan khas yang sudah banyak diketahui oreng yaitu kerak telor.

Kerak telur adalah makanan asli daerah Jakarta, dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

Menurut cerita kerak telor tercipta berawal dari masyarakat Betawi yang coba-coba membuat beragam makanan dengan memanfaatkan buah kelapa yang melimpah, Sehingga terciptalah makanan khas Betawi yakni kerak telor. Pada Tahun 1970-an akhirnya masyarakat Betawi memberanikan diri dengan menjajakan kerak telor di pasaran.

Tak disangka kerak telor sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat Betawi bahkan pada zaman kerak telor ini menjadi makanan untuk para kalangan elit.

Kerak telor biasanya dimasak menggunakan wajan ketika setengah matang kerak telor akan di balik dan dikipasi, dan biasanya di hidangkan dengan ditambahi serundeng dan bawang goreng.

Cara Membuat Kerak telor di Rumah

Bahan :

  • 6 sdm beras ketan, rendam semalam dan tiriskan
  • 2 buah telur bebek
  • 2 sdt udang kering, rendam, sangrai dan haluskan
  • 2 sdm kelapa parut setengah tua, sangrai
  • 1 sdm bawang goreng

Bumbu:

  • 1 sdm cabai merah iris, sangrai dan haluskan
  • 1 sdt garam

Cara Memasak

kerak telor
masak kerak telor
  1. Kocok telur bebek, masukkan udang kering, bumbu yang dihaluskan, bawang goreng, dan kelapa sangrai. Aduk rata.
  2. Panaskan wajan dadar antilengket. Tuang setengah bagian ketan. Ratakan di permukaan wajan. Masak hingga setengah matang.
  3. Tuang setengah bagian telur kocok berbumbu. Ratakan di seluruh permukaan sambil ditekan-tekan. Setelah bagian bawahnya matang, dapat dibalik agar matang merata. Angkat.
Baca Juga:  Sate Maranggi

Tags

Related Posts

Nasi Bakar
Ayam Betutu
Sate Bandeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *