Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Indonesia Dan Kualitas Membaca Masyarakatnya!

Belakangan ini, banyak sekali masyarakat Indonesia yang gagal memahami suatu informasi. Yang berakibat pada mudahnya masyarakat Indonesia terjebak dalam hoax atau bahkan penipuan. Kegagalan dalam mencerna informasi ini, merupakan akibat dari kurangnya kualitas membaca dan literasinya.

Bahkan, Indonesia saat ini berada pada tingkat yang paling rendah dalam literasi dan berada pada ranking ke 62 dari 70 negara. Itu berarti Indonesia memang sedang dalam kondisi darurat membaca. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk membantu, setidaknya menaikan rangking Indonesia tersebut? Salah satunya adalah dengan mengembangkan minat baca masyarakat Indonesia, mulai dari usia dini.

Dan apakah Pemerintah sudah melakukan tindakan untuk mengatasi rendahnya kualitas membaca masyarakatnya? Jawabanya adalah, sudah. Pemerintah melalui beberapa program rencananya, yaitu Perpusnas, Perpusda dan berbagai program literasi lainnya, sudah mulai bergerak masuk ke desa-desa dan kesekolah-sekolah untuk memudahkan akses membaca bagi masyarakatnya.

Apakah Program yang disebutkan diatas, sudah cukup membantu masyarakat untuk meningkatkan minat bacanya? Jawabanya, bisa iya dan juga bisa tidak. Iyah, jika pemerintah bisa lebih merutinkan kegiatanya dan tidak jika pemerintah hanya memfokuskan pada daerah-daerah tertentu, dengan mengabaikan daerah lainnya yang lebih terpencil.

Beruntungnya, pemerintah tidak sendirian. Karena banyak komunitas literasi di Indonesia yang tergerak untuk ikut andil dalam meningkatkan minat bacanya. Salah satu yang saya temukan baru-baru ini adalah di Cirebon. Di kota ini, banyak sekali komunitas literasi yang ikut ambil bagian. Mereka masuk ke desa-desa yang terpencil dan membawa buku-buku yang sangat menarik minat baca masyarakat.

Hari ini, saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan literasi yang diadakan Cerpin salah satu komunitas di Cirebon yang bekerjasama dengan Perpusda. Kegiatan ini berlokasi di SDIT KH Abdurahman Mahmud Mertapada Wetan Kab Cirebon.

Baca Juga:  Mengenal Supplier : Pengertian, Jenis dan Perannya

Dalam kegiatan ini, Perpusda Cirebon mengerahkan satu unit mobil membaca di dampingi dan di kawal oleh anggota Cerpin dan perwakilan dari PR. IPNU IPPNU MERTAPADA WETAN. Sesaat setelah mobil dibuka, para siswa dari SDIT KH Abdurahman Mahmud mulai bergerombol dan memilih buku-buku yang tersedia di dalam mobil.

Kegiatan ini, membuat saya membuka  kaca mata kuda dan mulai melihat Indonesia dengan mata telanjang, karena ternyata masih banyak orang-orang yang peduli terhadap kemajuan Indonesia dengan memajukan dan meningkatkan kualitas SDM masyarakatnya melalui kegiatan literasi ini.

Jika berbicara tentang pentingnya buku dalam kehidupan, maka tidak akan cukup dibahas dalam satu, dua atau bahkan berjuta artikel. Karena pentingnya buku dalam kehidupan itu, tidak bisa dituliskan dalam sebuah kata.

Buku, seperti pepatah mengatakan bahwa “Buku Adalah Jendela Dunia” dari buku kita bisa mengetahui banyak hal, banyak ilmu, dan banyak sekali manfaat lainnya. Tapi, layaknya jendela. Untuk bisa menikmati dan memandang indahnya pemandangan, kamu harus membuka jendela tersebu. Maka, untuk menikmati dan memandang indahnya ilmu pengetahuan. Kamu harus berani membuka buku dan membacanya.

Untuk kamu yang tertarik mengadakan acara dan kegiatan literasi, dan kamu bertempat tinggal dan bermukim di daerah Cirebon. Kamu bisa menghubungi komunitas Cerpin melalui kontak person berikut wa.me/6289653347412 . Menurut pihak Cerpin, kamu tinggal menghubungi dan Komunitas Cerpin di bantu oleh Perpusda Cirebon dan PR. IPNU IPPNU MERTAPADA WETAN, akan segera memproses dan mengirimkan mobil membacanya ke sekolah kamu. Ayo Tingkatkan minat membaca masyarakat Indonesia dan Indonesia akan lebih cepat maju.

Tags

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *