Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Kue Bandros

kue bandros
kue bandros

Sekilas Kue Bandros

Kue bandros adalah salah satu makanan khas Sunda. Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir ,keju ataupun coklat .Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang dicetak pada cetakan yang serupa, yakni cetakan yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer cukup banyak, dengan tungku arang. Kue bandros biasanya disajikan bersamaan dengan teh manis atau kopi.

Ada beberapa jenis bandros yang dikenal di wilayah Jawa Barat. Ada yang disebut dengan bandros asin dan juga bandros manis. Kedua jenis bandros tersebut dibedakan karena ada beberapa kebiasaan di masyarakat Sunda untuk makan bandros tanpa menggunakan gula atau ditambahkan saus cabai, tetapi ada juga yang menggunakan taburan gula pasir sehingga membuat bandros yang dimakan terasa manis.

Di Jawa Barat, khususnya di Bandung, kita dapat menemukan bandros di beberapa tempat. Kita dapat menemukan bandros di penjual makanan yang berkeliling kompleks perumahan yang didorong atau dipanggul.

Selain itu, kita juga dapat menemukan penjual bandros di sekitar pusat keramaian atau pusat perbelanjaan. Beberapa tahun ini masa kejayaan kue bandros mulai meredup, meskipun cita rasanya tak lekang oleh zaman.

Namun rasa manis-gurih kelapa dan daun suji terasa terlalu sederhana untuk orang zaman sekarang. Celah tersebut menimbulkan eksplorasi terhadap bandros dengan rasa kekinian. Seperti pergantian topping yang dilakukan bandros gaul dan bandros hebab.

Di daerah Cisangkuy, Kota Bandung, kita dapat menemukan penjual bandros yang dikenal dengan bandros gaul. Bandros gaul menyediakan beberapa macam inovasi bandros misalnya ada bandros rasa keju, bandros cokelat dan juga bandros susu sesuai dengan cita rasa yang disukai oleh pembeli.

Baca Juga:  Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong

Bandros hebab terletak di Sadang Sarang, dengan bandros kekiniannya, terdapat rasa kacang, pisang-cokelat, daging, kornet, tuna-keju, green tea, oreo,dan kedelai khas Jawa Barat oncom. Di Cirebon, Kue Bandros dikenal dengan nama Kue Gonjing.

Cara Membuat Kue Bandros di Rumah

Bahan-bahan :

kue bandros
Adonan kue bandros
  • 150 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 500 ml santan kelapa
  • 150 gram kelapa setengah tua, diparut
  • 1/2 sdm garam
  • gula pasir untuk taburan secukupnya

Cara Memasak Kue Bandros

kue bandros
memanggang kue bandross
  1. Rebus santan. Setelah direbus, matikan api dan diamkan hingga santan hangat.
  2. Campur kelapa parut, tepung beras, tepung tapioka, dan garam. Aduk rata.
  3. Tuang santan ke campuran tepung. Aduk rata.
  4. Siapkan dan panaskan cetakan kue yang sudah diolesi minyak tipis-tipis.
  5. Tuang adonan hingga 3/4 bagian cetakan. Panggang hingga matang.
  6. Sajikan dengan taburan gula pasir

Tags

Related Posts

Nasi Bakar
Ayam Betutu
Sate Bandeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *