Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Sate Taichan

Asal-Usul Sate Taichan

sate taichan
sate taichan

Sate Taichan adalah variasi sate yang memiliki ayam bakar tanpa dilumuri bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya. Sate ini disajikan hanya dengan sambal dan perasan jeruk nipis, sedangkan daging sate pada sate taichan biasanya berwarna putih polos dan dibumbui dengan garam, jeruk nipis dan sedikit cabai. Sate ini dijajakan pada malam hari, biasa sate pada umumnya.

Awalnya ada pasangan muda(laki-laki dari Jepang dan perempuan dari Indonesia) yang ingin membeli sate dari kawasan Senayan Jakarta sekitar tahun 2012. Orang Jepang mengaku tidak suka bumbu kacang matang khas yang digunakan sebagai bumbunya. bumbu sate di warung makan.

Dia pun mulai memanggang ayam mentah di atas tusuk sate dengan garam dan jeruk nipis tanpa saus kacang dan cabai. Ketika sudah matang, dia meminta sambal ke penjualnya untuk disantap bersama sate. Saat penjual sate menanyakan jenis sate apa yang dia panggang,orang Jepang hanya menjawab “sate taichan” tanpa mengetahui alasan pemilihan nama tersebut.

Meski begitu nama sate taichan kini banyak dikenal orang, dan hampir ada rumah makan yang menyediakan sate taicha di sestiap sudut Kota. salah satunya di Cirebon. di Cirebon juga terdapat rumah makan yang menyediakan sate taichan. salah satunya yaitu sate taichan 8 Cirebon.

Cara Membuat Sate Taichan di Rumah

bagi kalian yang mager untuk datang langsung ke tempat makan sate taichan, kalian bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah dengan salah satu resep yang kami bagikan ini, yng perlu kalian siapkan yaitu :

Bahan :

  • 300 gram dada ayam tanpa tulang, potong sesuai selera
  • 2 sdm air jeruk nipis 
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk (bisa diganti 2 siung bawang putih halus)
  • Garam dan merica sesuai selera 
  • Tusuk sate 
Baca Juga:  Mengenal Supplier : Pengertian, Jenis dan Perannya

Bahan sambal sate taichan :

  • 2 siung bawang putih 
  • 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera 
  • 5 buah cabai merah keriting atau sesuai selera 
  • Garam dan kaldu bubuk sesuai selera

Cara Memasak

sate taichan
  1. Marinasi daging ayam dengan air jeruk nipis, bawang putih bubuk, garam, dan merica. Diamkan selama 30 menit. 
  2. Tusuk dengan tusuk sate, bakar di atas teflon hingga matang. Sembari membakar, haluskan semua bahan untuk sambal, lalu tumis sampai wangi dan berminyak. 
  3. Tata sate taichan matang di piring saji. Hidangkan dengan sambal dan nasi putih. 

Tags

Related Posts

Empal Gentong Bu Darma
Empal Gentong Amarta
Empal Gentong Krucuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *