Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Mengenal Wirausaha ! Pengertian, Jenis dan Bedanya dengan Wiraswasta

Mempunyai usaha sendiri merupakan keinginan banyak orang, oleh karena itu usaha dan menjadi topik pembicaraan setiap saat, namun untuk membangun usaha sendiri kita memerlukan keberanian dan tekad yang besar, untuk itu sebelum membangun usaha perlu bagi kita mempelajari topik tentang kewirausahaan, nah dalam artikel ini kita akan membahasa sedikit mengenai wirausaha beserta jenis dan bedanya dengan wiraswasta.

Apa itu Wirausaha ?

Wirausaha adalah pelaku kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau jasa melalui transformasi, kreativitas, inovasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Wirausaha adalah pelaku kewirausahaan, yaitu suatu kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau jasa melalui transformasi, kreativitas, inovasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Sedangkan kewirausahaan adalah suatu usaha untuk menentukan, mengembangkan, kemudian menggabungkan inovasi, kesempatan, dan cara yang lebih baik agar memiliki nilai yang lebih dalam kehidupan.

setelah kita mengetahui pengertian dari wirausaha kita beralih ke jenis jenis dari wirausaha.

Jenis-jenis Wirausaha

ada setidaknya 3 jenis wirausaha yang populer di Indonesia beserta contohnya.

1. Usaha Ritel

Usaha ritel merupakan suatu jenis usaha yang tidak pernah ada matinya. Usaha ini juga disebut sebagai penjualan eceran secara langsung kepada konsumen. Usaha ini boleh dibilang merupakan jenis usaha yang minim resiko, karena persaingan yang terjadi hanya sebatas antar peritel.

Usaha ritel yang populer saat ini adalah jaringan minimarket yang berjumlah ribuan, dan tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, dapat dibayangkan ya, berapa keuntungan yang diperoleh pengelolanya pada setiap tahun?

2. Startup Bisnis

Jaringan internet saat ini bukan lagi menjadi barang mewah. Jaringan internet menjadi kebutuhan sehari-hari. Dengan menggunakan ponsel cerdas, kita dapat melakukan kegiatan ekonomi, atau usaha melalui ponsel kita. Inilah yang disebut sebagai industri digital. Di masa pandemi ini, usaha melalui startup digital menjadi metode yang paling dipilih oleh para pelaku usaha, baik pada skala rumahan, hingga yang beromset ratusan juta rupiah per hari.

Baca Juga:  Perempuan juga bisa menjadi pengusaha sukses loh!!

Dalam membuat bisnis di era Industri 4.0 ini bukanlah hal yang mudah, dimana dalam mencapai kesuksesan dari ketika mendirikan Start-up hingga melakukan berbagai usaha untuk menjadi unicorn harus melalui berbagai proses. Pada buku berjudul From A Startup To A Unicorn, E-Commerce And Digital Business dari M. Suyanto, Grameds akan diberikan gambaran bagaimana cara memulai usaha tersebut.

3. Industri Kreatif

Pemerintah, dalam beberapa tahun terakhir ini mendorong kaum muda yang memiliki kreativitas, agar dapat memberi sumbangsih dalam industri kreatif di Indonesia. Industri ini murni hanya mengandalkan kreativitas anak-anak muda yang mampu menjawab peluang yang berkembang sesuai dengan keinginan pasar.

Berbagai bidang usaha yang ada pada industri kreatif seperti fashion designer, penulis, copywriter, pelukis, desainer, ghostwriter, penulis artikel, dan masih banyak lagi. Buku berjudul Ide-Ide Usaha untuk Freelancer di Bidang Industri Kreatif oleh JUD – Jubilee Digital akan membantu Grameds dalam menemukan bidang usaha yang paling tepat untuk kamu.

itulah beberapa jenis-jenis wirausaha yang penulis ketahui, setelah mengenal jeni-jenis kita akan membahas bedanya wirausaha dan wiraswasta.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

  • Fokus Usaha

Perbedaan wirausaha dan wiraswasta bisa dilihat dari fokus usahanya. Fokus usaha dari seorang wirausaha ialah mencakup keseluruhan waktu dalam hidupnya. Sedangkan, fokus usaha dari wiraswasta adalah sekedar paruh waktu.

  • Kepemilikan Aset

Selain bisa dibedakan dari fokus usaha, perbedaan wirausaha dan wiraswasta juga bisa dilihat dari kepemilikan aset. Seorang bisa disebut wirausaha ialah ketika orang tersebut terlibat secara relatif pada kegiatan operasional saja. Sementara itu, wiraswasta adalah saat dirinya memiliki aset sendiri.

  • Rencana Pengembangan Usaha

Seorang wirausaha sudah memiliki pemahaman yang kuat untuk selalu berinovasi atau memperbaharui usahanya dengan teknologi. Sedangkan, wiraswasta cenderung masih menggunakan alat-alat tradisional dan merasa puas dengan target jangka pendek.

  • Pola Pikir
Baca Juga:  Stop Blamming Other People | Berhenti Menyalahkan Segalanya

Perbedaan wirausaha dan wiraswasta juga bisa dilihat dari pola pikir orang tersebut, yang mana wirausaha adalah seorang pembuka usaha baru dan mandiri. Selain itu, wirausaha juga bisa melihat sejumlah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan profit. Sedangkan, wiraswasta adalah orang yang meneruskan sebuah konsep yang sudah ada dan bisa menghasilkan profit yang lebih besar.

itulah beberapa pembahasan kita pada artikel ini, sempoga bermanfaat.

Tags

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.