Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Pentingkah Decision Making Skill bagi Calon Manager?

Ilustrasi decision making

Menjadi Pimpinan sebuah perusahaan merupakan impian banyak orang, karena dianggap kerjanya cukup mudah sebagai seorang pimpinan, namun sebaliknya tugas seorang pimpinan juga cukup yaitu mengambil keputusan dengan baik karena keputusan akan menentukan nasib perusahaannya di masa depan. untuk itu seorang manager perlu memiliki decision making skill, apa sih decision making itu ? apa manfaatnya bagi seorang manager? dalam artikel ini kita akan membahasnya, selamat membaca.

Apa Itu Decision Making Skill?

Decision making skill adalah kemampuan dalam mengambil keputusan. Atau lebih jelasnya, decsision making merupakan proses penyelesaian masalah dengan metode pengambilan keputusan dari dua pilihan yang memungkinkan. Decision making harus dilakukan seobjektif mungkin dengan melakukan proses identifikasi masalah.

Pada saat bekerja, decision making skill menjadi kemampuan yang lebih penting karena hal tersebut tentunya akan berdampak pada kelangsungan perusahaan dan juga tim. Untuk itu, dalam pengambilan keputusan memang tidak boleh asal. Karena jika salah langkah, maka perusahaan-lah yang akan menjadi taruhannya.

Manfaat Decision Making

Berikut adalah beberapa manfaat dari decision making:

  • Memberikan lebih banyak informasi mengenai keputusan yang diambil
  • Meningkatkan partisipasi dari pekerja
  • Memberikan lebih banyak alternatif untuk pilihan yang lebih baik
  • Meningkatkan tingkat penerimaan dan komitmen pekerja
  • Meningkatkan kualitas keputusan yang diambil
  • Hemat waktu dan manfaatkan sumber daya dengan lebih baik
  • Pengembangan etika profesional meningkat secara drastis

Bagaimana Cara Meningkatkan Decision Making ?

Karena decision making merupakan skill yang sangat penting, maka kita tidak sebaiknya membiarkan tetap seperti itu. Decision Making Skill harus lebih ditingkatkan mengingat permasalahan bisnis dan perusahaan yang kita hadapi akan semakin berikut.

  • Tinggalkan diri Anda dari emosi

Salah satu hal tersulit untuk dikendalikan saat menguasai kemampuan pengambilan keputusan adalah mengalahkan diri sendiri dan emosi. Membuat keputusan secara obyektif tidaklah mudah. Apalagi jika keputusan yang diambil bersifat sangat pribadi.

Baca Juga:  Mengenal E-Commerce | Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Namun, mengurangi diri dan emosi melalui latihan teratur pasti dapat membuat Anda lebih objektif dalam berpikir. Ingat, untuk mempertahankan tingkat profesional, Anda harus membedakan antara pekerjaan dan urusan pribadi.

  • Jangan pernah menunda

Penundaan harus segera dihilangkan karena mempengaruhi perkembangan profesional Anda. Bila Anda sering menunda-nunda, biasanya hal itu membuat Anda sulit mengambil keputusan. Ketika Anda harus menghadapi suatu masalah, Anda tidak boleh menunda mencari solusi. Apakah itu masalah serius atau kecil, itu harus segera diselesaikan.

  • Selalu penasaran

Rasa ingin tahu sepanjang waktu akan membuat Anda lebih kritis. Anda tidak akan mudah puas dengan jawabannya dan akan selalu ditanyai. Ini memang perlu dalam proses pengambilan keputusan. Pasalnya, selalu penasaran, Anda akan berusaha mencari jawabannya melalui riset mendalam. Kepribadian ingin tahu dan kritis ini niscaya akan membuat Anda lebih mahir dalam pengambilan keputusan. Alasannya adalah Anda akan selalu mempertimbangkan pro dan kontra dari keputusan yang akan Anda buat.

Tags

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.