Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Peranan Problem Solving Skill Dalam Teamwork di Dunia Kerja

Di dalam kerja tim seringkali kita menemui jalan buntu atau kehabisan ide, nah saat itulah kita akan membutuhkan sebuah solusi atau sebuah ide baru dari rekan satu tim, inilah yang di sebut problem solving skill. selain untuk menemukan solusi ataupun ide baru ada apa aja sih peran dari problem solving skill ini khususnya dalam teamwork mari kita simak penjelasan berikut.

tahapan problem solving

Problem Solving skill dan Teamwork itu apa sih ?

sebelum lanjut ke pembahasan mengenai peran dari problem solving dalam teamwork di dunia kerja, mari kita mengenal maksud problem solving dan teamwork terlebih dahulu. pertama kita mengenal problem solving.

Problem solving adalah sebuah tindakan penyelesaian masalah dengan melakukan beberapa tahapan mulai dari menentukan penyebab masalah, mengidentifikasi, memilih, dan menerapkan solusi. Sederhananya, problem solving artinya kemampuan untuk menemukan solusi terbaik dari suatu masalah dengan mengidentifikasi penyebabnya.

Problem Solving adalah kemampuan untuk menganalisis masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk memecahkan masalah tersebut. Kemampuan ini sangat diperlukan di dalam dunia kerja. Keahlian ini sangat penting disaat kamu mengambil keputusan dan juga mengatasi masalah di dunia kerja, baik untuk masalah yang terduga maupun tidak terduga.

selanjutnya kita akan mengenal apa sih teamwork itu ?

Teamwork atau kerja tim adalah proses kerja secara kolaboratif dengan sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang sama. Dalam kerja sama tim setiap anggota tim harus aktif berkontribusi dengan kemampuan terbaik yang dimiliki dalam menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan bersama.

setelah kita mengenal makna Problem solving skill dan teamwork sekarang kita akan berlanjut untuk mengetahui peranan dari problem solving dalam teamwork.

Apa Peran problem solving dalam teamwork ?

Penting sekali untuk memiliki kemampuan problem solving ini, entah sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan, apalagi sebagai pimpinan di dalam suatu perusahaan. Kemampuan pemecahan masalah berhubungan erat dengan berbagai keahlian lainnya, yaitu seperti kemampuan mendengar, meneliti, kreativitas, menganalisa, komunikasi, kerja tim, dan pengambilan keputusan.

Baca Juga:  Ide Usaha Kreatif untuk Generasi Milenial

Dengan memiliki kemampuan problem solving, kita dapat mengidentifikasi masalah tersebut, mencari tahu kenapa tidak berjalan sesuai dengan harapan, dan menentukan tindakan (solusi) untuk memperbaikinya. Sehingga kamu dapat mengontrol kehidupanmu untuk menjadi lebih baik.

Dari dua pernyataan di atas kita dapat mengetahui bahwa peran problem solving sangat penting dalam segi apapun khususnya dalam teamwork , saat rekan satu tim sedang buntu dalam mecari ide maka kita bisa membantu menemukan ide baru dengan bantuan kemampuan problem solving yang kita punya.

Nah, setelah kita mengetahui peranan dari problem solving skill dalam teamwork, mungkin anda bertanya-tanya bagaimana sih cara meningkatkan problem solving skill ini. mari kita simak penjelasan berikutnya.

Cara meningkatkan kemampuan problem solving

Sama halnya dengan soft skill lainya, skill problem solving muncul dari pengalaman dan juga latihan. Kamu masih bisa melatihnya dan mengembangkan kemampuan tersebut. Bagi kamu yang merasa kurang dalam kemampuan ini, jangan berkecil hati. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan atau melatih kemampuan problem solving.

1. Ubah pola pikir

Tidak ada satupun orang ingin menghadapi sesuatu yang membuat frustasi, melelahkan, atau tampaknya tidak mungkin? Ya, kamu mungkin juga tidak mau. Tetapi, daripada mencoba menghindarinya, kamu dapat melihat masalah tersebut secara positif dengan menganggapnya sebagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan. Oleh sebab itu, mengubah pola pikir dapat membuat kamu merasa tidak terbebani, sehingga dapat menganalisis masalah dengan baik.

2. Membiasakan diri menggunakan mind mapping

Dikutip dari mindmeister.com, bahwa dengan memvisualisasikan tujuan, masalah, ide, dan poin tindakan dalam mind mapping dapat membantu kamu melihat gambaran yang lebih besar hingga menemukan ide-ide yang mungkin terlewatkan. Dengan menggunakan mind mapping juga dapat mengasah pola pikir untuk menyusun konsep kreatif yang akan menjadi solusi dari sebuah masalah.

Baca Juga:  Maraknya Bisnis Online Di Era Serba Digital Saat [Kelebihan dan Kekurangan]

3. Lakukan secara bertahap

Ketika menghadapi sebuah masalah, jangan langsung fokus untuk mencari solusi akhir. Coba untuk melakukannya secara bertahap. Dimulai dengan mengidentifikasi masalah, mencari penyebab, dan menemukan solusi yang tepat. Dengan melakukan secara bertahap akan melatih kemampuan berpikir strategis dan dapat mengambil keputusan yang sesuai.

4. Jangan sungkan meminta bantuan

Tidak ada yang salah untuk meminta bantuan. Ketika kamu sudah tidak dapat lagi mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi, bertanya kepada teman atau rekan kerja mungkin bisa menjadi solusi. Berdiskusi dengan orang lain dapat membawa ide-ide segar dan sudut pandang yang tidak akan pernah kamu kembangkan sendiri.

5. Nikmati setiap proses

Terkadang karena terlalu fokus pada upaya penyelesaian masalah, membuat kita tidak menyadari apa saja yang telah dilakukan selama proses tersebut. Coba untuk menikmati setiap tahapan yang kamu lakukan. Sehingga kamu dapat merasakan dampaknya baik secara pribadi atau lingkungan. Ketika kamu dapat menikmatinya, kamu akan lebih dapat menghargai kemampuan yang ada pada dirimu. Sehingga ketika sedang menghadapi masalah, kamu sudah mengetahui seberapa besar kemampuanmu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

itu dia tadi beberapa penjelasan makna problem solving dan teamwork kemudian peranan dari problem solving itu dalam teamwork di dunia kerja. semoga bermanfaat ya teman teman.

Tags

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.