Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Self Management |Penting Memahaminya Sebelum Memulai Bisnis

self management

Memiliki bisnis yang sukses di zaman sekarang merupakan impian oleh banyak orang, namun sebelum memulai bisnis kita harus mempunyai kemampuan baik dari segi soft skill ataupun hard skill. Nah kali ini penulis akan membahas salah satu soft skill yang penting di pelajari sebelum memulai sebuah bisnis, yaitu self management. Namun sebelumnya apa sih self management itu ?

Pengertian dari self management

Self Management atau manajemen diri adalah kemampuan untuk mengendalikan diri akan suatu tindakan yang sedang dilakukan atau hendak dilakukan, baik dari aspek pikiran maupun ucapan, Self Management bisa dikatakan sebagai kemampuan individu untuk mengendalikan diri dalam membuat proporsi prioritas, seperti menetapkan apa yang sekiranya dilakukan atau tidak dilakukan dan berkewajiban untuk menyelesaikan apa yang semestinya diselesaikan saat itu.

Kemampuan self management sangat diperlukan oleh semua individu. Tak hanya dibutuhkan di lingkungan pekerjaan atau pendidikan, akan tetapi self management juga diperlukan oleh seorang individu yang melakukan aktivitas sehari-hari (daily activities) di rumah.

Apabila seorang individu tidak menerapkan self management, dirinya cenderung kebingungan karena segala aktivitas yang hendak dilakukan saat itu tidak terencana atau tertata secara baik di dalam kehidupannya. Dengan kata lain, ia bingung apa yang harus dirinya kerjakan? Harus dari mana dirinya memulai pekerjaan atau aktivitas tersebut? Dan kebingungan-kebingungan lainnya agar dirinya terdorong untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. kemudian bagaimana sih penerapan self management dalam pekerjaan.

Self Management Dalam Pekerjaan

Dalam melakukan upaya manajemen diri maka Anda sudah seharusnya menetapkan tujuan. Yang dimaksud dengan tujuan disini adalah apa yang ingin dicapai oleh diri Anda serta apa yang menjadi target dalam kehidupan Anda. Penetapan tujuan tentu akan memotivasi diri pribadi Anda sehingga proses pengembangan manajemen diri bisa terlaksana dengan baik.

Baca Juga:  Peranan Problem Solving Skill Dalam Teamwork di Dunia Kerja

Self management memang perlu dilakukan oleh setiap orang untuk melakukan pengembangan pribadi. Dengan adanya perkembangan diri pribadi maka Anda dapat melakukan segala hal yang sekiranya diperlukan oleh Anda untukbisa meraih kesuksesan. Dengan demikian maka kehidupan pribadi Anda akan menjadi lebih baik dan sempurna. Perbaikan hidup ini bahkan bisa terjadi dalam segala aspek di kehidupan Anda. Oleh karena itu pengelolaan diri atau self management perlu dilakukan agar Anda bisa semakin mengenali dan mengembangkan potensi diri Anda demi mencapai kesuksesan dalam hidup.

Managemen diri merupakan hal penting dalam dalam dunia kerja, karena bisa diartikan sebagai kemampuan diri untuk bertanggung jawab atas pekerjaan yang di miliki. Jika tidak dapat memanagemen diri dengan baik, dapat berdampak buruk bagi pekerjaan dan keseharian kita. Beberapa contoh self management dalam dunia kerja antara lain :

  • Jangan Menunda Pekerjaan

Jangan biasakan untuk menunda segala sesuatu meski itu hal kecil sekalipun. Hal ini sangat berpengaruh terhadap managemen diri karena meladir diri anda untuk disiplin dan bertanggung jawab. Misalnya ketika anda memiliki tugas, meski itu adalah tugas kecil usahakan untuk segera mengerjakannya. Jangan menunda-nunda hingga pada akhirnya hanya akan menyusahkan anda. Dan dari tugas yang anda tunda waktu pengerjaannya itu dapat menyebabkan anda terjebak dalam waktu kesibukan yang menyebabkan anda tidak dapat mengerjakannya.

  • Jangan Berpacu pada Multitasking

Multitasking adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang dapat melakukan aktifitas tidak hanya berpacu pada satu aktifitas namun bisa lebih dari satu. Banyak sekali orang belakangan ini, yang selain mengulur waktu dalam mengerjakan sesuatu tetapi juga menganggap remeh tugas atau tanggung jawab mereka dengan percaya dengan kemampuan multitasking.

  • Mengakui Kesalahan
Baca Juga:  Berminat Bisnis Franchise? Begini cara Daftarnya!

Tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan ketrampilan managemen diri selanjutnya yaitu mengakui kesalahan. Ada tipe orang yang saat melakukan salah justru menyembunyikannya atau bahkan melimpahkan kesalahan kepada orang lain. Tips dan trik selanjutnya yaitu mengakui kesalahan. Jangan takut untuk mengakui kesalahan, karena justru saat anda menyembunyikan kesalahan tersebut hanya akan semakin menjadi beban bagi diri anda.

Tentu saja bagi sebagian orang mengakui kesalahan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan keberanian dan kejujuran yang kuat. Namun dengan mengakui kesalahan anda akan semakin mempermudah anda untuk melatih pengelolaan diri anda.

  • Berperilaku sebaik Mungkin

Dalam dunia kerja tentu saja managemen diri tidak hanya selalu berkutat pada diri sendiri. Ada kalanya anda akan dihadapkan dengan hubungan antar sesama rekan kerja yang pada akhirnya mempengaruhi managemen diri anda. Saat kecil sering kita diajari untuk selalu berperilaku baik kepada sesama teman, begitu pula yang harusnya diterapkan saat sudah memasuki usia dewasa terutama dalam bidang pekerjaan.

  • Memberikan Waktu Healing Untuk Diri Sendiri

Self management hanya akan pergi sejauh tujuan personal anda sampai dimana. Dengan pandangan mata yang sellau menatap kedepan, dan membuat rencana dari hari ke hari untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika tubuh sudah sempoyongan diterpa badai drama serta project yang tanpa akhir, ambilan waktu sejenak untuk memikirkan Kembali jalur yang sedang anda lewati.

Tags

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.