Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Wisata Banyu Panas Gempol-Palimanan Cirebon

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Wisata Banyu Panas Terletak di Jalan Raya, Palimanan Barat, Kec. Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45161. Wisata banyu panas palimanan berada pada jarak 29 km dari kota Cirebon. Bagi pengguna mobil pribadi, Jalur paling mudah untuk mencapai banyu panas adalah melalui jalan tol Kanci Palimanan.

Dari Kota Cirebon perjalanan diawali di Jalan Kesambi sampai mencapai perempatan Brigjen Darsono. Ambil arah lurus ke arah jalan Kraksan. Lanjutkan perjalanan hingga melewati bandara Cakrabuana dan masuk ke masuk ke jalan tol Kanci Palimanan.

Ambil arah kanan di jalan tol. Keluar di exit Jalan Setiabudi. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di pertigaan Jalan Raya Cirebon Bandung, ambil arah kanan hingga menemukan pertigaan menuju arah PT Indocement. Ikuti jalan itu tidak lebih dari 2 Km kemudian pengunjung sampai di kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka

Untuk masuk tempat Wisata Banyu Panas Palimanan ini tidaklah mahal, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,-/orang dan biaya tambahan bagi pengunjung yang ingin berendam Rp 6.000,-/orang. sementara untuk jam buka wisata banyu panas Gempol Palimanan Cirebon dapat di rinci sebagai berikut :

  • Jumat 07.30–17.30
  • Sabtu 07.30–17.30
  • Minggu 07.30–17.30
  • Senin 07.30–17.30
  • Selasa 07.30–17.30
  • Rabu 07.30–17.30
  • Kamis 07.30–17.30

Daya Tarik Wisata Banyu Panas

1. Kolam Terapi

Wisata Banyu Panas Gempol-Palimanan Cirebon
Kolam Terapi

Yang menarik dari tempat wisata ini adalah kolam air panasnya bermanfaat sebagai kolam terapi terutama bagi pengunjung yang memiliki penyakit kulit. Hal ini didasarkan pada kepercayaan masyarakat bahwa Banyu Panas Palimanan mampu meredakan penyakit kulit karena kandungan di dalam air panas pada kolam tersebut.

Walaupun bermanfaat dari segi kesehatan, namun pihak pengelola memberikan rambu-rambu berupa larangan bagi pengunjung supaya tidak berendam di kolam air panas lebih dari 15 menit. Jika pengunjung tidak mematuhi peraturan tersebut, efek yang bisa saja timbul antara lain kepala pusing hingga badan terasa lemas.

Baca Juga:  Mengenal Bisnis Franchise!, Pengertian dan Keuntungannya

2. Kolam Yang Terbentuk Secara Tidak Sengaja

Wisata Banyu Panas Gempol-Palimanan Cirebon
Kolam Banyu Panas

Banyu Panas Palimanan merupakan tempat wisata yang muncul karena unsur ketidaksengajaan. Bermula dari tahun 2008 yang lalu dimana PT. Indocement melakukan kegiatan pengeboran terhadap air bersih di tempat tersebut. Akan tetapi, semburan air yang keluar bukan air bersih seperti yang diekspektasikan sejak awal.

Tidak disangka yang keluar malah justru semburan air panas berwarna kebiru-biruan. Yang pada mulanya ekspektasinya adalah semburan air bersih supaya bisa dikonsumsi masyarakat sekitar, namun ternyata malah air panas dengan warna kebiru-biruan yang menyembur keluar. Karena itulah tempat tersebut menjadi sebuah objek wisata.

3. Spot Selfie

Tidak hanya sekedar menata kolam air panas seluas 10×15 meter untuk terapi saja, namun pihak pengelola beserta pihak lainnya menata kawasan wisata Banyu Panas Palimanan sebaik mungkin. Selain kolam utama, terdapat juga beberapa undakkan yang merupakan tempat mengalirnya air panas dari satu undakkan menuju undakkan lainnya.

Undakkan-undakkan tersebut menjadi salah satu spot menarik yang kerap dijadikan sebagai background selfie. Selain undakkan, terdapat juga beragam fasilitas memadai yang sangat bermanfaat untuk pengunjung baik orang dewasa maupun anak-anak karena mayoritas pengunjung yang datang bersama dengan rombongan keluarga.

Tags

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.