Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Apa Sih Manfaat Networking Terhadap Karir ? Kenali dan Pahami Maknanya

Apa Sih Manfaat Networking Terhadap Karir ? Kenali dan Pahami Maknanya

Memiliki banyak kenalan banyak memberikan manfaat selain menyambung tali silaturahmi, memiliki banyak kenalan juga memberikan manfaat untuk bertukar ide. Nah dalam sebuah bisnis dengan memiliki banyak kenalan, kita dapat membangun sebuah perkumpulan orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk saling bertukar pendapat, atau bisa juga disebut membangun networking, Apa saja manfaat networking dalam bisnis kita ? namun sebelum kita membahas manfaat dari networking mari kita mengenal maksud dari networking terlebih dahulu.

Ilustrasi Networking

Apa itu Networking ?

Networking adalah suatu jaringan yang terbentuk dari adanya pertukaran ide, atau informasi di antara rekan yang memiliki minat khusus ataupun seprofesi.

Umumnya, networking terbentuk dari adanya lingkungan sosial yang informal, dan juga diawali dengan satu kesamaan, seperti hobi yang sama dan juga tergabung dalam satu komunitas yang sama.

Jadi, networking adalah suatu hal yang banyak digunakan di kalangan para profesional dalam memperluas relasi. Umumnya digunakan untuk mencari peluang kerja atau berbagai informasi dan juga tren terkini di bidang yang disukai.

dari pendapat-pendapat diatas kita bisa simpulkan bahwa networking secara singkat bisa diartikan jaringan sosial yang terbentuk secara alami karena adanya kesamaan dalam suatu hal. namun apa sih manfaat membangun sebuah networking ?

bagi pebisnis, manfaat membangun networking adalah demi mengembangkan bisnis di masa depan. Koneksi tersebut akan membantu pebisnis dalam membangun hubungan dan juga kepercayaan di antara para komunitasnya. di bawah ini kita akan bahas manfaat networking bagi karir seseorang yaitu sebagai berikut.

Manfaat Networking Dalam Karir

  • Meningkatkan kesempatan memperoleh pekerjaan baru

Jika merasa kurang puas dengan pekerjaan yang sedang dijalani saat ini, networking bisa membantu kita memperoleh pekerjaan yang lebih sesuai dengan keinginan. 

Baca Juga:  Kampung Sabin Wisata Cirebon Rasa Bali

Performa kerja dan citra positif yang kita bangun dapat mengantarkan ke pekerjaan impian melalui rekomendasi dari relasi yang dimiliki. Kian luas jangkauan networking maka kesempatan kita akan lebih besar lagi.

  • Memperkuat peluang untuk meraih promosi jabatan

Informasi mengenai kepribadian kita bisa dengan mudah tersebar lewat networking. Saat informasi tersebut sampai ke telinga atasan, bila karakter kita memang cocok untuk suatu posisi maka itu akan memperkuat peluang untuk memperoleh promosi.

  • Kemampuan berkomunikasi lebih terasah

Intensitas interaksi yang tinggi membuat networking menjadi media yang tepat untuk mengasah kemampuan berkomunikasi. Skill komunikasi yang mumpuni sangat menunjang dalam mencapai karier gemilang.  

manfaat networking dalam sebuah karir begitu baik, untuk itu kita perlu memiliki sebuah networking, bagaimana cara membangun suatu networking ? dibawah kita akan membahas cara membangun suatu networking.

Cara Membangun sebuah Networking

  • Tentukan tujuan

Menentukan tujuanmu dalam membangun networking adalah hal yang sangat penting. memahami tujuan dalam membangun networking adalah adalah kunci untuk merancang dan memelihara hubungan yang selaras dengan kepribadian, nilai, dan ambisimu.

  • Beranikan diri untuk berkenalan dengan orang baru

Setelah memiliki tujuan, langkah selanjutnya adalah memberanikan dirimu untuk berkenalan dengan orang baru. Memang bagi sebagian orang hal ini tidaklah mudah. Terutama bagi kamu yang kesehari-harianya lebih suka menyendiri atau introvert. Namun seperti yang kamu ketahui, bahwa memiliki networking dapat mempengaruhi perkembangan kariermu. 

Ketika kamu baru memasuki sebuah lingkungan baru seperti tempat kerja atau organisasi di kampus. Jangan sungkan untuk memperkenalkan dirimu terlebih dahulu. Adapun hal ini dapat kamu lakukan secara cepat dan juga efektif. Seperti memulai dengan salam singkat dan tanpa basa basi. 

Baca Juga:  Pentingkah Teamwork Sebelum Membangun Bisnis ?

Selain itu, jangan malu untuk terlibat dalam pembicaraan. Hal ini dapat kamu coba pada saat berada di berbagai acara seperti, festival, diskusi komunitas/organisasi, bahkan sekedar obrolan rekan kerja di kantor.  

  • Cobalah bergabung dengan organisasi atau komunitas

Ini merupakan salah satu tempat yang efektif untuk mengawali proses dalam membangun networking. Di dalam organisasi atau komunitas, kamu akan dengan mudah menemukan orang-orang yang menyukai hal yang sama denganmu.

Misalnya, komunitas yang sesuai dengan jenjang kariermu, seperti komunitas bloggersalesweb and developer. Biasanya para anggota komunitas tidak sungkan untuk membagikan informasi terbaru mengenai dunia kerja. Selain komunitas, kamu juga bisa ikut bergabung dengan organisasi seperti alumni universitas atau jurusan. 

  • Jangan malu untuk mendekatkan diri dengan rekan kerja, senior, dan atasan

Walaupun tidak semua orang dapat melakukan hal ini. Namun memiliki hubungan baik dengan orang-orang yang sering bertemu denganmu merupakan sebuah langkah yang tepat dalam membangun networking. Jangan malu untuk mendekatkan diri dengan mereka. Rekan kerja atau senior merupakan salah satu networking yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan kariermu. Karena mereka dapat memberikan rujukan penting, menawarkan informasi, dukungan, serta pembinaan dan pendampingan. 

  • Jangan malu untuk memberi dan meminta bantuan

Memberi bantuan merupakan salah satu cara yang efektif untuk membangun hubungan dengan seseorang. Ini juga dapat menjadi langkah lanjutan dari proses perkenalan yang kamu lakukan dengan orang baru. Banyak macam bantuan yang bisa kamu tawarkan kepada orang yang akan menjadi networking-mu.

Misalnya,  memberikan mereka saran dan solusi terkait masalah yang mereka alami. Menawarkan atau meminta bantuan juga bisa kamu terapkan di tempat kerja. Selain bisa membantumu secara pribadi, meminta bantuan juga dapat menjadi kesempatan untuk dapat mengenal rekan kerjamu dengan lebih baik. 

  • Manfaatkan media sosial
Baca Juga:  Jempol Waterboom Ciledug

Banyaknya jenis media sosial pada saat ini, bisa kamu manfaatkan untuk membangun relasi dengan orang-orang yang dapat menunjang kariermu. Misalnya seperti LinkedIn. Di LinkedIn kamu dapat bertemu dengan para praktisi dan juga profesional di bidangnya. Jika kamu memiliki fokus karier yang jelas, kamu dapat mengikuti bahkan berhubungan dengan mereka.

Di LinkedIn kamu juga bisa bertanya sembari membangun relasi dengan para profesional. Selain itu, media sosial seperti Instagram juga bisa menjadi portofoliomu jika kamu memiliki passion di bidang kreatif seperti, desain grafis, video, dan lainnya. 

  • Jaga hubungan dengan networking-mu

Menjaga hubungan dengan networking bisa dibilang gampang-gampang susah. Terkadang kita tidak bisa selalu melakukan hubungan secara intens dengan orang-orang tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menjaga hubungan tersebut agar tidak putus, seperti menghubungi mereka kembali untuk sekedar menanyakan kabar. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial. Misalnya seperti mengomentari postingan mereka di LinkedIn. Adapun dengan melakukan hal-hal tersebut, hubunganmu dengan mereka tetap terjaga. 

itulah beberapa pembahasan pada artikel ini, selamat membaca.

Tags

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.