Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Mengenal Bisnis Franchise!, Pengertian dan Keuntungannya

Membuka usaha atau bisnis seperti berjualan minuman/makanan yang sudah memiliki nama memanglah cukup mudah dilakukan selain kita tidak perlu memikirkan nama bisnis yang akan kita jalankan, kita juga tidak perlu melakukan promosi besar-besaran karena bisnis yang akan kita jalankan sudah memiliki nama atau sudah banyak yang mengenal, itulah yang biasa disebut dengan bisnis franchise. Namun, apa sih pengertian bisnis franchise, contoh dan keuntungan nya bagi kita? kita akan membahasnya dalam artikel ini.

Apa Itu Franchise ?

Merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba, franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Dalam dunia franchise, dikenal juga istilah franchisor atau pemberi waralaba. Masih berdasarkan regulasi yang sama, franchisor sendiri adalah orang perseorangan atau badan usaha yang memberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan waralaba yang dimilikinya kepada penerima waralaba.

Kebalikan dari franchisor yakni franchisee atau penerima waralaba. Franchisee merupakan orang perseorangan atau badan usaha yang diberikan hak oleh pemberi waralaba untuk memanfaatkan atau menggunakan waralaba yang dimiliki.

Untuk bisa mendapatkan hak waralaba, maka franchisee atau penerima waralaba harus membayar sejumlah uang yang disebut dengan franchise fee.

Dengan membayar franchise fee, maka penerima waralaba diberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual serta segala penemuan dari suatu brand yang dimiliki franchisor.

setelah mengenal pengertian dari bisnis franchise, kita akan beralih ke contoh dan keuntungan dari berbisnis franchise.

Contoh Bisnis Franchise yang ada di Indonesia

Apa saja franchise di Indonesia? Berikut adalah beberapa contohnya dari beberapa bidang usaha:

  • Indomaret
  • Alfamart
  • Alfamidi
  • J&T Express
  • SiCepat
  • JNE Express
  • Ninja Express
  • Geprek Bensu
  • Kebab Baba Rafi
  • Kopi Lain Hati
  • Kopi Kulo
  • Chatime
  • Xi Bo Ba
  • es teh
  • Teh Poci, dan lain-lain.
Baca Juga:  Talaga Langit, Destinasi Wisata Keluarga Yang Instagramable

Keuntungan Bisnis Franchise

Dengan memilih bisnis waralaba, Anda tak perlu repot-repot membuat proposal bisnis dan strategi marketing.

Dari segi perencanaan, bisnis waralaba ini relatif singkat, Anda hanya perlu menjalankan sistem yang telah dijalankan pihak pewaralaba.

Biasanya, Anda hanya perlu menyiapkan tempat, dan semua kebutuhan bisnis akan disediakan langsung oleh pihak pewaralaba.

Franchisors atau pemegang lisensi franchise biasanya akan memberikan pelatihan khusus kepada mitra yang akan bergabung sebelum beroperasi.

Pelatihan yang dilakukan biasanya mengenai keuangan, marketing, hingga operasional bisnis.

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir, karena franchisor akan memberi tahu kiat-kiat agar Anda sukses dalam menjalankan bisnis.

  • Memiliki Partner Profesional

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjalankan bisnis franchise yaitu manajemen bisnis sudah terbentuk dan berjalan dengan baik.

Tidak perlu lagi repot-repot untuk memikirkan ide bisnis, brand, dan sistem bisnis, karena hal tersebut sudah teruji dan Anda bisa langsung mengimplementasikannya nanti di lokasi baru.

Franchisor atau pewaralaba secara otomatis telah menjadi partner bisnis sejak Anda mendaftarkan diri dengan membeli atau menyewa bisnis ini.

Dengan memiliki partner yang profesional, Anda tidak perlu lagi bingung dalam menjalankan bisnis. Biasanya pihak pewaralaba akan siap mendukung bisnis Anda dan memberikan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan.

Hal ini tentu demi perkembangan bisnis Anda maupun partner (pewaralaba) Anda.

Jika usaha waralaba yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan manajemen bisnis yang bagus, maka ini juga merupakan keuntungan bagi Anda karena ide binis, nama brand dan sistem manajemen bisnis tersebut pasti sudah teruji dan tinggal diimplementasikan pada bisnis Anda.

  • Tak Perlu Branding

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan, biasanya brand sudah dikenal oleh masyarakat, sehingga akan lebih mudah untuk menjual produk yang dijual karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang begitu besar, karena akan lebih mudah bagi Anda untuk menjangkau konsumen baru.

Baca Juga:  Waspada Penipuan Online Dalam Bisnis | Kenali Jenis-Jenis Modus nya

Produk dan merek bisnis ini biasanya sudah dikenal masyarakat luas sehingga Anda tak perlu repot lagi melakukan branding pada merek bisnis.

Hal paling penting dalam bisnis ini adalah saat Anda memilih bisnis  dan menentukan dengan siapa Anda akan bekerja sama.

Cobalah memilih bisnis franchise yang sudah dikenal dan memiliki citra positif di masyarakat.

Jika dibandingkan dengan membangun bisnis dari awal, hal ini tentu akan sangat menguntungkan Anda.

Belum lagi jika brand sudah cukup terkenal, konsumen akan datang dengan sendirinya.

  • Dukungan Penuh

Anda tidak perlu khawatir, biasanya para pemiliki waralaba akan memberikan pelatihan khusus kepada mitra mereka.

Jika Anda memulai bisnis ini, Anda akan mendapatkan pelatihan seperti marketing strategi, pengelolaan keuangan maupun cara menjalankan usaha.

  • Media Promosi Gratis

Dengan memilih bisnis franchise, Anda tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mempromosikan bisnis ini.

Pihak pewaralaba pasti telah memikirkan strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnisnya.

Secara tidak langsung, Anda juga bisa mendapat media iklan secara gratis dari pihak pewaralaba.

  • Manajemen Finansial Mudah

Sebagai mitra, Anda tidak perlu pusing memikirkan manajemen keuangan.

Karena dengan sistem bisnis yang sudah teruji, Anda tidak perlu repot dari sisi manajemen keuangan.

Biasanya, bisnis franchise yang cukup besar sudah memiliki sistem yang digunakan di tiap lokasi, sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan manajemen keuangan.

Pihak yang akan menanam modal di bisnis Anda (investor) pasti akan lebih menyukai bisnis yang terbukti baik secara finansial dan jaringan pemasaran.

Jika Anda bergabung dengan usaha waralaba tertentu, tentu saja tidak perlu pusing-pusing lagi mengenai sistem manajemen finansial seperti halnya bisnis yang benar-benar memulai sesuatu dari awal.

  • Menjalankan Bisnis dengan Mudah
Baca Juga:  Nice environment cafe

Bisnis franchise yang Anda jalani akan secara otomatis memengaruhi perkembangan bisnis pewaralaba.

Dengan begitu, pihak pewaralaba sangat menginginkan Anda berhasil dan mendapatkan keuntungan yang banyak.

Untuk mendukung hal tersebut, mereka akan memberikan sistem manajemen yang sudah teruji sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis franchise.

  • Tingkat Keberhasilan Tinggi

Ketika Anda memulai bisnis, tentu saja selalu ada risiko tinggi atas bisnis Anda. Selalu ada potensi kerugian yang didapatkan.

Terlebih lagi, jika Anda benar-benar belum paham bagaimana suatu bisnis dapat berjalan.

Hal tersebut tentu saja jika terus menerus terjadi akan menjatuhkan bisnis Anda. Dengan bisnis waralaba, Anda tidak perlu takut untuk jatuh.

Segala dukungan, manajemen dan brand yang sudah dikenal akan mengurangi risiko kerugian pada bisnis Anda.

Tags

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.