Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Kerupuk Melarat

kerupuk melarat
kerupuk melarat

Kerupuk merupakan salah satu panganan yang digemari oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Saking populernya, kerupuk seringkali hadir dalam setiap acara formal maupun non formal sebagai pendamping makanan utama.

Rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah, membuat makanan yang dibuat dengan cara digoreng ini selalu jadi primadona kuat dari setiap daerah di Indonesia. Namun di Kota Cirebon, Jawa Barat, kita akan menemui sebuah kerupuk yang unik dan berbeda dari jenis lainnya, namanya kerupuk melarat.

Kerupuk yang memiliki bentuk cukup lebar dan besar itu konon sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda di tahun 1830-an. Saat itu, kerupuk melarat mulai populer sebagai makanan alternatif masyarakat Kota Cirebon.

Kerupuk melarat adalah salah satu makanan khas Cirebon dan sekitarnya. Makanan ini disajikan dengan menambahkan sambal asam. Jajanan kerupuk melarat sangat cocok disantap pada musim kemarau, selain menambah selera makan juga dapat membangkitkan semangat kerja.

Tepung tapioka adalah bahan dasarnya, dengan beragam warna, di antaranya merah muda dan putih. Melarat berarti miskin. Kerupuk melarat disebut demikian karena digoreng tidak memakai minyak goreng, tetapi memakai pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, yang melalui proses pengeringan dan penyaringan dengan cara diayak.

Cara membuat kerupuk melarat

kerupuk melarat
cara masak kerupuk melarat

Bahan-bahan:

  • Tepung tapioka secukupnya
  • 4,5 sendok makan garam
  • 1 kilogram bawang putih, haluskan
  • Air secukupnya

Cara Membuat

  • Siapkan wadah, lalu campur tepung tapioka, garam, dan bawang putih. Aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya, letakkan dalam sebuah cetakan berukuran 150 cm x 250 cm.
  • Campur kanji dengan sisa tepung yang tidak dicor. Buat gelondongan dari bahan tersebut, lalu campur merata hingga mengeras.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengiris campuran adonan tersebut. Ukurannya bisa disesuaikan dengan seleramu. Letakkan irisan adonan pada tampah kerupuk, tutup hingga matang (jangan terlalu lama)
  • kemudian jemur adonan yang sudah di iris-iris
  • kemudian masak kerupuk dengan pasir dengan cara Panaskan dulu pasir di dalam wajan. Setelah itu, masukkan kerupuk hingga terendam di dalam pasir. Aduk-aduk hingga kerupuk matang dan mengembang.
Baca Juga:  Maraknya Bisnis Online Di Era Serba Digital Saat [Kelebihan dan Kekurangan]

Tags

Related Posts

Nasi Bakar
Ayam Betutu
Sate Bandeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *