Cirebon Go Online

Onlinekan Cirebon Lebih Maju | UMKM Cirebon Go Online, UKM Cirebon go Digital, Kabar Cirebon Online, Cirebon Hari ini, UMKM Cirebon, UKM Cirebon, Sejarah Cirebon, Biografi Pengusaha Cirebon, Wisata Cirebon, Cirebon Go Online, Online Shop Cirebon, Pemerintahan Cirebon Kabupaten, Kotamadya Cirebon, Direktori Bisnis di Cirebon, Direktori Usaha di Cirebon

Maraknya Bisnis Online Di Era Serba Digital Saat [Kelebihan dan Kekurangan]

kemajuan teknologi saat ini sangat membantu kita di berbagai sektor,sebagai contoh yaitu sektor usaha, pada usaha sektor usaha kita bisa melihat pengaruh dari kemajuan teknologi yaitu terdapat banyaknya para penjual menggunakan sistem online untuk menjajakan barang dagangannya dengan membuat online shop di sosial media maupun aplikasi marketplace seperti Lazada , shopee dan lain lain.

sebenarnya apa sih kelebihan dan kekurangan dar ini mengapa banyak digandrungi para penjual di zaman sekarang. namun sebelumnya mari kita mengenal makna bisnis online terlebih dahulu.

ilustrasi bisnis online

Apa itu Bisnis Online ?

Bisnis online adalah kegiatan yang dilakukan melalui jaringan internet. Maksudnya, kegiatan bisnis seperti jual-beli, pelayanan kepada konsumen, promosi, dan sebagainya dilakukan secara online. Menariknya, Anda bisa menjual berbagai jenis produk melalui bisnis online. Mulai dari barang, jasa, hingga produk digital. Bahkan, tak ada batasan dari mana calon konsumen produk untuk tersebut. Sebab, pembeli produk bisa berasal dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Dengan bisnis online tidak perlu menyewa ruko untuk membuka sebuah toko karena semua kegiatan dalam bisnis ini bisa di lakukan secara online melalui media sosial ataupun marketplace, bahkan kita bisa menjalankan bisnis ini dari rumah atau darimana pun kita menginginkannya, contoh dalam bisnis ini yitu seperti, menjual produk orang lain (dropshiping), bergabung afiliasi dan lain lain.

jadi, dengan bisnis online kita dapat menjalankan usaha dengan fleksibel tidak berpacu dengan waktu ataupun tempat. Nah, lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis online.

Kelebihan dan Kekurangan dari Bisnis Online.

Dalam setiap kegiatan pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, nah dalam bisnis online kelebihannya yaitu antara lain:

  • Bisa Dikerjakan di Mana Saja dan Kapan Saja
Baca Juga:  Manfaat Internet Dalam Bisnis Online| Apa saja sih ?

Jika kita sudah mengenal dan mengerti cara menjalankan bisnis online, kita bisa mengerjakannya kapan pun dan di mana pun. Tidak terbatas oleh waktu dan tempat. Yang dibutuhkan hanya perangkat laptop dan koneksi internet yang baik.

  • Bisnis Internet Modalnya Relatif Kecil

Bisnis online bisa dijalankan dengan modal yang sangat kecil, bahkan nyaris tanpa modal. Tidak perlu menyewa tempat usaha, tidak perlu membeli perlengkapan yang mahal, dan berbagai keperluan lain yang biasanya dibutuhkan dalam bisnis riil.

  • Bisa Menjangkau Banyak Orang

Dengan bantuan internet, jangkauan kita tidak terbatas dan kita bisa memasarkan apa saja kepada orang lain dimana pun mereka berada. Bahkan jika Anda berada di Indonesia, produk yang Anda jual bisa dipasarkan ke luar negeri.

  • Proses Transaksi Cepat

Kecepatan transaksi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah usaha. Dan kelebihan bisnis online yang satu ini sangat dipahami oleh para pengusaha, sehingga semakin banyak orang yang menjalankan usahanya secara online.

  • Bisa Dikerjakan Siapapun

Tidak seperti dunia kerja ataupun bisnis riil yang membutuhkan surat-surat akreditasi, dan surat keterangan lainnya untuk membuka usaha, bisnis online tidak butuh semua surat-surat tersebut. Bahkan bila saat ini Anda tidak punya pengalaman kerja dan tidak punya sertifikasi apapun, Anda tetap bisa punya peluang untuk sukses menjalankan sebuah bisnis di internet.

  • Banyak Model Bisnisnya

Di bisnis online, ada banyak sekali model bisnisnya. Anda bisa menghasilkan uang dari berbagai media, mulai dari blog, media sosial, marketplace, dan lain-lain. Salah satu contoh media sosial yang saat ini sering digunakan untuk berbisnis adalah Instagram.

kelebihan dari bisnis online cukup banyak ya, sekarang kita berlanjut ke kekurangan dari bisnis online yang antara lain:

  • Bisnis Online Butuh Pengetahuan dan Skill
Baca Juga:  Menjadi Agen JNE di Cirebon : Cara, Syarat dan Biaya yang di butuhkan

Untuk bisa menjalankan sebuah bisnis di internet maka seseorang harus punya pengetahuan dan skill yang memadai. Pengetahuan dasar saja tidak cukup lho, karena ini hanya mengupas kulitnya saja.Walaupun banyak informasi tentang ini di internet, seringkali Anda harus mengikuti training atau workshop berbayar untuk belajar lebih fokus tentang jenis bisnis online yang Anda jalankan.Jadi, kalau Anda belum punya pengetahuan dasar tentang bisnis online, jangan harap bisa berhasil menjalankan bisnis internet.

  • Persaingan Pasar yang Cukup Ketat

Internet membuka banyak peluang bisnis baru, tapi seiring dengan itu persaingan pun semakin meningkat. Bayangkan, internet bisa mempertemukan banyak pesaing dalam satu jenis bisnis dari seluruh pelosok nusantara. Ini ibarat ‘berperang’ pesaing bisnis, tapi ‘perangnya’ di dunia maya.

  • Belum Ada Payung Hukum yang Kuat

Di Indonesia sebenarnya sudah ada undang-undang ITE yang melindungi hak konsumen dan juga pebisnis online. Namun, hingga hari ini cukup banyak kasus penipuan dan cybercrime yang terjadi di Indonesia belum bisa tersentuh hukum dan menjerat pelaku penipuan.

  • Penipuan Masih Cukup Marak

Masih berhubungan dengan poin #3 di atas, namun lebih ke para pemula yang ingin memulai usaha online. Sejak beberapa tahun yang lalu, sudah sering terjadi penipuan dengan ‘mengatasnamakan’ peluang bisnis internet yang menguntungkan.Dan kasus penipuan ini masih terus terjadi hingga tahun ini.

  • Penyebaran Internet Belum Merata

Kita harus menerima fakta bahwa hingga hari ini penyebaran internet di Indonesia masih belum merata. Ini adalah salah satu kekurangan bisnis online, setidaknya sampai hari ini. Tapi saya yakin kemungkinan besar masalah ini akan segera ada solusinya.

wajar jika bisnis online sekarang banyak yang meminati karena kelebihan dari bisnis online cukup banyak yaitu tempat dan waktu yang fleksibel namun dibalik kelebihan terdapat kekurangan yang cukup banyak juga yaitu masih banyak penipuan dan payung hukum yang belum kuat. berminat mulai menjalankan bisnis online ? tetap semangat dan hati-hati ya teman-teman.

Baca Juga:  Aryakibans Land

Tags

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.